Minggu, 15 Januari 2017

Soal ATT III Permesinan Bantu


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu :  90 menit.

1.    Sebuah pompa air pengisian jenis sentrifugal dengan 5 tingkat tekanan menghasilkan tiap menit 500 kg air  dengan suhu 90 derajat celcius ( berat jenis 965,4 kg/m3). Tekanan ketel 24 bar. Pompa tersebut menerima air pengisian dari sebuah alat pemanas muka  yang terletak 8 meter diatas pompa. Jumlah tahanan-tahanan luar dari pmpa adalah 0,14 bar. Rendemen hidrolik 0,65 rendemen volumetric 0,92 rendemen mekanik 0,90. Berapa tenaga yang dibutuhkan dalam kW untuk menggerakkan pompa tersebut.
( Bobot nilai 40 )
2.    Jelaskan fungsi dan dimana pemasangan peralatan-peralatan mesin pendingin  yang disebut dibawah ini :
a.    Expansion value
b.    Solenoide valve
c.    Thermostat
d.    Oil separator
                (  Bobot nilai 30 )
3.    a.         Sebutkan dua jenis pompa yang dipakai dikapal dan jelaskan prinsip kerja  dan kegunaannya .       
       b.        Jelaskan perbedaan yang prinsip antara pompa centrifugal dan pompa ulir
        (Bobot nilai 30 )

Selamat bekerja / Dpkp.



TT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit
(30)  1.      Dewasa ini banyak dipakai pompa roda gigi untuk bermacam-macam tujuan.Pompa roda gigi banyak dipakai sebagai pompa minyak pelumas yang digerakkan sendiri oleh motor induk yang dapat berputar dalam dua arah putaran.
                        Buatkan sebaik mungkin sketsa dari pompa tersebut di atas dan jelaskan juga cara kerjanya !
                        Bilamana karena kelalaian katup kempa tertutup, apakah akan terjadi kerusakan dari pompa ?
                        Bagaimana caranya untuk mencegah bilamana hal tersebut terjadi ?

(40)    2.    a.               Apakah yang dimaksud dengan fresh water generator dan bagaimanakah prosedur mengoperasikannya (sertakan dengan gambar sketsa) ?
                  b.               Sebutkan langkah-langkah persiapan sebelum menjalankan Wind Lass dan mesin Derek di atas kapal !

(30)     3.   Jelaskan pengertian “kadar garam sebesar 2/32” ? dan bagaimanakah hingga mendapatkan angka tersebut ?
                        Bila sekarang sebuah ketel mengandung air sebanyak 40 ton dengan kepekatan garam sebesar 3,5 kali kepekatan air laut dan selanjutnya 8 ton dibuang (blow down) dan digantikan dengan air laut, maka berapakah sekarang kepekatannya air di dalam ketel tersebut ?


Selamat bekerja / Dpkp.
ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         a.   Terangkan perbedaan antara Cooler dan Condensor!
            b.   Sebutkan jenis-jenis Heat Exchanger yang anda ketahui!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah steam condensor lengkap dengan nama-nama bagiannya!

2.         a.   Terangkan perbedaan antara pompa dan kompressor!
            b.   Sebutkan jenis-jenis pompa yang dipakai diatas kapal!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah pompa sentrifugal lengkap dengan nama-nama bagiannya!  Kemudian terangkan prinsip cara kerja / pengoperasiannya!

3.         a.   Terangkan perbedaan antara mesin kemudi Hidrolik dan mesin kemudi listrik!
            b.   Sebutkan jenis-jenis kemudi yang dipakai pada kapal-kapal Niaga!
            c.   Buatlah gambar sket satu unit TWO RAM STEERING GEAR, lengkap dengan nama-nama bagiannya / operasinya!

4.         a.   Terangkan perbedaan antara Direct dan Indirect System pada Refrigerating plant!
            b.   Sebutkan jenis-jenis alat-alat pengatur Automatis yang terdapat pada unit Refrigerating plant!
            c.   Buatlah gambar skema sebuah Uni Refrigerating plant dengan tiga buah Cold Room! Kemudian terangkan prinsip cara kerja / operasinya!

5.         a.   Terangkan perbedaan antara Fresh water generator dan evaporator!
            b.   Sebutkan jenis-jenis Fresh water generator yang dipakai diatas kapal!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah Fresh water generator dan systim vakum lengkap dengan nama-nama bagiannya. Kemudian terangkan prinsip cara kerjanya / operasinya!

                                                ( Bobot nilai tiap soal = 20 )

Selamat bekerja / Dpkp


ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         a.   Terangkan perbedaan antara pompa dan kompressor.
            b.   Sebutkan jenis-jenis pompa yang dipakai diatas kapal.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah pompa sentrifugal lengkap dengan nama-nama bagiannya.  Kemudian terangkan prinsip cara kerja /pengoperasiannya.

2.         a.   Terangkan perbedaan antara Cooler dan Condensor.
            b.   Sebutkan jenis-jenis Heat Exchanger yang anda ketahui.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah steam condensor lengkap dengan nama-nama bagiannya.

3.         a.   Terangkan perbedaan antara Fresh water generator dan evaporator.
            b.   Sebutkan jenis-jenis Fresh water generator yang dipakai diatas kapal.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah Fresh water generator dan systim vakum lengkap dengan nama-nama bagiannya. Kemudian terangkan prinsip cara kerjanya/ operasinya.

4.         a.   Terangkan perbedaan antara mesin kemudi Hidrolik dan mesin kemudi listrik.
            b.   Sebutkan jenis-jenis kemudi yang dipakai pada kapal-kapal Niaga.
            c.   Buatlah gambar sket satu unit TWO RAM STEERING GEAR, lengkap dengan nama-nama bagiannya/operasinya.

5.         a.   Terangkan perbedaan antara Direct dan Indirect System pada Refrigerating plant.
            b.   Sebutkan jenis-jenis alat-alat pengatur Automatis yang terdapat pada unit Refrigerating palnt.
            c.   Buatlah gambar skema sebuah uni Refrigerating plant dengan tiga buah Cold Room. Kemudian ternagkan prinsip cara kerja/operasinya.


Bobot nilai tiap soal = 20

Selamat bekerja / Dpkp


ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Sebuah pompa minyak lumas kerja ganda, menghisap dari sump tank yang terletak 2 meter dibawah pompa tersebut dan minyak lumas dipompa ke dalam tangki yang dipasang 10 meter diatas pompa. Tahanan-tahanan pada sisi isap dan tekan adalah 4 meter kolom minyak, langkah torak = 50 cm; diameter torak = 25 cm dan diameter batang torak = 4 cm, putaran engkol = 40 RPM; rendemen volumetrik = 0.95 ; rendemen mekanis = 0.9 ; berat jenis (B.J.) minyak pelumas = 0.92 kg / dm3.
            Ditanyakan : Daya efektif pompa dalam watt

2.         Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pesawat pokok dan bantu pada umumnya mengandung air dan kotoran-kotoran mekanik.
            a.   Sebutkan cara-cara yang anda ketahui memisahkan air dan kotoran-kotoran tersebut.
            b.   Jelaskan fungsi settling tank pada sistem bahan bakar untuk motor Induk dan Bantu di kapal dan bahan bakar tersebut dipanasi sampai berapa derajat  Celcius

3.         Pada sebuah Evaporator / Fresh Water Generator tekanan rendah di kapal yang menggunakan sistem pendingin Motor Induk sebagai pemanas, sesuai manualnya Produksi air tawar mencapai 15 ton / hari, Namun kenyataannya pesawat tersebut hanya mampu memproduksi air tawar 7 ton / hari sedangkan temperatur air tawar pendingin keluar Motor Induk normal ± 70 – 750 C.
            a.   Jelaskan penyebab menurunnya Produksi air tawar tersebut.
            b.   Apakah fungsi ejector pada instalasi tersebut.
             
4.               Berilah sketsa sebuah instalasi mesin pendingin dengan 2 ruang dingin (ruang daging dan ruang sayur).
            Sebutkan bagian-utamanya dan jelaskan cara menambah media pendingin bila yang dipakai adalah R-22.

5.         a.   Di kapal pompa yang dipakai kebanyakan dari jenis pompa sentrifugal, jelaskan keuntungan dan kerugian pompa jenis sentrifugal dibandingkan dengan pompa lain.
            b.   Jelaskan bahwa suhu zat cair dapat mempengaruhi tinggi isap suatu pompa. Penjelasan disertai gambar.

( Bobot nilai tiap soal = 20 )
Selamat bekerja / Dpkp
ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Sebuah pompa minyak lumas kerja ganda, menghisap dari sump tank yang terletak 2 meter dibawah pompa tersebut dan minyak lumas dipompa ke dalam tangki yang dipasang 10 meter diatas pompa. Tahanan-tahanan pada sisi isap dan tekan adalah 4 meter kolom minyak, langkah torak = 50 cm; diameter torak = 25 cm dan diameter batang torak = 4 cm, putaran engkol = 40 RPM; rendemen volumetrik = 0.95 ; rendemen mekanis = 0.9 ; berat jenis (B.J.) minyak pelumas = 0.92 kg / dm3.
            Ditanyakan : Daya efektif pompa dalam watt

2.         Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pesawat pokok dan bantu pada umumnya mengandung air dan kotoran-kotoran mekanik.
            a.   Sebutkan cara-cara yang anda ketahui memisahkan air dan kotoran-kotoran tersebut.
            b.   Jelaskan fungsi settling tank pada sistem bahan bakar untuk motor Induk dan Bantu di kapal dan bahan bakar tersebut dipanasi sampai berapa derajat  Celcius

3.         Pada sebuah Evaporator / Fresh Water Generator tekanan rendah di kapal yang menggunakan sistem pendingin Motor Induk sebagai pemanas, sesuai manualnya Produksi air tawar mencapai 15 ton / hari, Namun kenyataannya pesawat tersebut hanya mampu memproduksi air tawar 7 ton / hari sedangkan temperatur air tawar pendingin keluar Motor Induk normal ± 70 – 750 C.
            a.   Jelaskan penyebab menurunnya Produksi air tawar tersebut.
            b.   Apakah fungsi ejector pada instalasi tersebut.
             
4.               Berilah sketsa sebuah instalasi mesin pendingin dengan 2 ruang dingin (ruang daging dan ruang sayur).
            Sebutkan bagian-utamanya dan jelaskan cara menambah media pendingin bila yang dipakai adalah R-22.

5.         a.   Di kapal pompa yang dipakai kebanyakan dari jenis pompa sentrifugal, jelaskan keuntungan dan kerugian pompa jenis sentrifugal dibandingkan dengan pompa lain.
            b.   Jelaskan bahwa suhu zat cair dapat mempengaruhi tinggi isap suatu pompa. Penjelasan disertai gambar.
( Bobot nilai tiap soal = 20 )
Selamat bekerja / Dpkp
ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran di laut, diatas kapal dilengkapi dengan Oily Water Separator (OWS).
a.   Gambarkan skema, penataan OWS dalam system lensa (bilge system) dan  sebutkan setiap symbol yang anda gambarkan dalam system tersebut.
b.   Jelaskan cara mengoperasikan alat tersebut dan demikian pula cara menghentikannya.

2.         Kompresor udara utama
a.   Jelaskan mengapa dalam menjalankan kompresor udara perlu, dibuka terlebih dahulu katup‑ katup, ceratnya.
b.   Sebutkan perlengkapan wajib yang harus terpasang pada sebuah kompresor udara.
c.   Sebutkan 4 (empat) langkah kerja sebuah kompresor udara.

3.         Pompa ‑pompa.
a.   Gambar secara sederhana gambar skematik dari pompa centrifugal dan lengkapi dengan penjelasan bagian‑bagiannya.
b.   Sebutkan 3 (tiga) macam pompa yang termasuk dalam golongan pompa displacement dan berikan sifat khususnya.

4.         Mesin kemudi :
a.   Gambarkan sebuah unit telemotor dari system mesin kemudi hydroulik, sebut bagian‑bagiannya dan jelaskan secara singkat cara kerjanya.
b.   Apa yang harus menjadi perhatian serius dari system kemudi jenis hydroulik? Jelaskan!

(Bobot nilai tiap soal = 25)

Selamat bekerja / Dpkp
ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Sebuah tanki ( I ) berbentuk silinder dengan diameter 4 m dan tinggi 5 m, penuh berisi minyak yang mempunyai berat jenis 0,90. Letak tangki 1 m diatas lantai. Untuk memindahkan minyak tersebut ke tanki II dipergunakan pompa sentrifugal, Pengosongan tanki I dikerjakan selama 1 jam.
Pertanyaan :
Hitunglah daya pompa bila diketahui bahwa kerugian tekanan total = 2,5 / 32 m.k.a. rendamen pompa = 0,8. Pompa terletak 1 m dibawah tanki I dan tanki II terletak 4 m diatas tanki I.

Bobot nillai = 35.

2.         Sebuah Evaporator menghasilkan air tawar 1 ton tiap jam dari penyulingan air laut, Kadar garam dipertahankan dalam pesawat evaporator 2,5 / 32. Suhu air laut masuk = 25 °C dan yang di spui 125 °C. Uap air primer mempunyai enthalpy 760 kkal / kg uap dan air destilasi dengan suhu 90 °C, panas jenis air laut 1,25 kkal / °C, panas jenis air tawar = 1

Pertanyaan :
a.   Jumlah air laut yang dimasukkan kedalam pesawat evaporator tiap jam.
b.   Jumlah air yang di cerat tiap jam
c.   Jumlah uap primer vang diperlukan tiap jam.

Bobot nilai = 35

3.         a.   Gambarkan dan jelaskan cara kerja dari sebuah pesawat pemisah air got Oily Water Separator = OWS ) dan sebutkan nama - nama bagiannya!
            b.   Gambarkan dan jelaskan cara kerja dari sebuah Separator minyak lumas dan apa bedanya dengan separator bahan bakar!

            Bobot nilai = 30
Selamat bekerja / Dpkp
ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Heat Exchangers
a.   Berikan kelebihan heat exchanger jenis pelat dibandingkan dengan jenis shell and tube.
b. Sebutkan fungsi dari :
‑     Baffle
‑     Tube plate

2.         Freshwater Distiller
a.   Berikan keuntungan Freshwater Distiller tekanan rendah dibanding dengan tekanan tinggi.
b.   Gambarkan secara sketsa sebuah unit Freshwater Distiller tekanan tinggi dan jelaskan secara singkat cara kerjanya.

3.         Mesin pendingin
a.   Sebutkan dari bagian mana sampai bagian manakah dari system pendingin jenis kompresi yang merupakan daerah tekanan tinggi.
b.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan system pendingin tak langsung.

4.         Sentrifuse.
a.   Jelaskan maksud pengisian air pada saat awal menjalankan purifier sebelum memasukkan minyak yang akan dibersihkan.
b.   Jelaskan fungsi pemanas pada, unit purifier bahan bakar atau minyak lumas.


(Bobot nilai tiap soal = 25)

Selamat bekerja / Dpkp


ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit

1.         Pompa‑pompa
a.   Gambarkan sebuah pompa plunyer yang bekerja secara diferensial, dan sebutkan bagian‑bagiannya.
b.   Tuliskan rumus berapa besamya diameter torak dibanding diameter batang toraknya sehingga penghasilan pompa tiap langkahnya sama.

2.         Heat Exchangers
a.   Apa yang harus menjadi perhatian untuk sebuah cooler jenis shell and tube sehingga dapat bekerja secara optimal.
b.   Jelaskan bagaimana upaya untuk mencegah terjadinya korosi karena elektrolisa pada cooler atau condensor jenis shell and tube.

3.         Mesin pendingin
a.   Sebutkan jenis‑jenis refrigerant yang biasa digunakan pada mesin pendingin.
b.   Sebutkan 4 (empat) proses pokok sebuah unit mesin pendingin yang bekerja secara kompresi, secara berurutan.dengan menggunakan gambar skematik.

4.         Sentrifuse.
a.   Sebutkan perbedaan antara, purifier dan clarifier.
b.   Jelaskan cara mengoperasikan purifier secara manual.

(Bobot nilai tiap soal = 25)


Selamat bekerja / Dpkp

ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu

Waktu  :  90 menit.

1.         Dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran di laut, diatas kapal dilengkapi dengan Oily Water Separator (OWS).
a.   Gambarkan skema, penataan OWS dalam system lensa (bilge system) dan  sebutkan setiap symbol yang anda gambarkan dalam system tersebut.
b.   Jelaskan cara mengoperasikan alat tersebut dan demikian pula cara menghentikannya.

2.         Kompresor udara utama
a.   Jelaskan mengapa dalam menjalankan kompresor udara perlu, dibuka terlebih dahulu katup‑ katup, ceratnya.
b.   Sebutkan perlengkapan wajib yang harus terpasang pada sebuah kompresor udara.
c.   Sebutkan 4 (empat) langkah kerja sebuah kompresor udara.

3.         Pompa ‑pompa.
a.   Gambar secara sederhana gambar skematik dari pompa centrifugal dan lengkapi dengan penjelasan bagian‑bagiannya.
b.   Sebutkan 3 (tiga) macam pompa yang termasuk dalam golongan pompa displacement dan berikan sifat khususnya.

4.         Mesin kemudi :
a.   Gambarkan sebuah unit telemotor dari system mesin kemudi hydroulik, sebut bagian‑bagiannya dan jelaskan secara singkat cara kerjanya.
b.   Apa yang harus menjadi perhatian serius dari system kemudi jenis hydroulik? Jelaskan!


(Bobot nilai tiap soal = 25)


Selamat bekerja / Dpkp





ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.


(30)      1.Dewasa ini banyak dipakai pompa roda gigi untuk bermacam-macam tujuan.
Pompa roda gigi banyak dipakai sebagai pompa minyak pelumas yang digerakkan       sendiri oleh motor induk yang dapat berputar dalam dua arah putaran.
Buatkan sebaik mungkin sketsa dari pompa tersebut di atas dan jelaskan juga cara kerjanya !
Bilamana karena kelalaian katup kempa tertutup, apakah akan terjadi kerusakan dari      pompa ?
               Bagaimana caranya untuk mencegah bilamana hal tersebut terjadi ?

(40)2.      a.   Apakah yang dimaksud dengan fresh water generator dan bagaimanakah prosedur
         mengoperasikannya (sertakan dengan gambar sketsa) ?
b.   Sebutkan langkah-langkah persiapan sebelum menjalankan Wind Lass dan mesin
      Derek di atas kapal !

(30)3.     Jelaskan pengertian “kadar garam sebesar 2/32” ? dan bagaimanakah hingga      mendapatkan angka tersebut ?
Bila sekarang sebuah ketel mengandung air sebanyak 40 ton dengan kepekatan garam   sebesar 3,5 kali kepekatan air laut dan selanjutnya 8 ton dibuang (blow down) dan digantikan dengan air laut, maka berapakah sekarang kepekatannya air di dalam ketel tersebut ?

Selamat bekerja / Dpkp.
ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

1.         a.   Terangkan perbedaan antara pompa dan kompressor.
            b.   Sebutkan jenis-jenis pompa yang dipakai diatas kapal.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah pompa sentrifugal lengkap dengan nama-nama bagiannya.  Kemudian terangkan prinsip cara kerja /pengoperasiannya.

2.         a.   Terangkan perbedaan antara Cooler dan Condensor.
            b.   Sebutkan jenis-jenis Heat Exchanger yang anda ketahui.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah steam condensor lengkap dengan nama-nama bagiannya.

3.         a.   Terangkan perbedaan antara Fresh water generator dan evaporator.
            b.   Sebutkan jenis-jenis Fresh water generator yang dipakai diatas kapal.
            c.   Buatlah gambar sket sebuah Fresh water generator dan systim vakum lengkap dengan nama-nama bagiannya. Kemudian terangkan prinsip cara kerjanya/ operasinya.

4.         a.   Terangkan perbedaan antara mesin kemudi Hidrolik dan mesin kemudi listrik.
            b.   Sebutkan jenis-jenis kemudi yang dipakai pada kapal-kapal Niaga.
            c.   Buatlah gambar sket satu unit TWO RAM STEERING GEAR, lengkap dengan nama-nama bagiannya/operasinya.

5.         a.   Terangkan perbedaan antara Direct dan Indirect System pada Refrigerating plant.
            b.   Sebutkan jenis-jenis alat-alat pengatur Automatis yang terdapat pada unit Refrigerating palnt.
            c.   Buatlah gambar skema sebuah uni Refrigerating plant dengan tiga buah Cold Room. Kemudian ternagkan prinsip cara kerja/operasinya.

Bobot nilai tiap soal = 20
Selamat bekerja / Dpkp.
ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu

Waktu  :  90 menit.

(30)     1.   Dewasa ini banyak dipakai pompa roda gigi untuk bermacam-macam tujuan.
                  Pompa roda gigi banyak dipakai sebagai pompa minyak pelumas yang digerakkan sendiri oleh motor induk yang dapat berputar dalam dua arah putaran.
                  Buatkan sebaik mungkin sketsa dari pompa tersebut di atas dan jelaskan juga cara kerjanya !
                  Bilamana karena kelalaian katup kempa tertutup, apakah akan terjadi kerusakan dari pompa ?
                                    Bagaimana caranya untuk mencegah bilamana hal tersebut terjadi ?

(40)     2.   a.         Apakah yang dimaksud dengan fresh water generator dan bagaimanakah prosedur mengoperasikannya (sertakan dengan gambar sketsa) ?
                        b.         Sebutkan langkah-langkah persiapan sebelum menjalankan Wind Lass dan mesin Derek di atas kapal !

(30)     3.   Jelaskan pengertian “kadar garam sebesar 2/32” ? dan bagaimanakah hingga mendapatkan angka tersebut ?
                  Bila sekarang sebuah ketel mengandung air sebanyak 40 ton dengan kepekatan garam sebesar 3,5 kali kepekatan air laut dan selanjutnya 8 ton dibuang (blow down) dan digantikan dengan air laut, maka berapakah sekarang kepekatannya air di dalam ketel tersebut ?


Selamat bekerja / Dpkp


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

1.         a.   Terangkan perbedaan antara Cooler dan Condensor!
            b.   Sebutkan jenis-jenis Heat Exchanger yang anda ketahui!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah steam condensor lengkap dengan nama-nama bagiannya!

2.         a.   Terangkan perbedaan antara pompa dan kompressor!
            b.   Sebutkan jenis-jenis pompa yang dipakai diatas kapal!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah pompa sentrifugal lengkap dengan nama-nama bagiannya!  Kemudian terangkan prinsip cara kerja / pengoperasiannya!

3.         a.   Terangkan perbedaan antara mesin kemudi Hidrolik dan mesin kemudi listrik!
            b.   Sebutkan jenis-jenis kemudi yang dipakai pada kapal-kapal Niaga!
            c.   Buatlah gambar sket satu unit TWO RAM STEERING GEAR, lengkap dengan nama-nama bagiannya / operasinya!

4.         a.   Terangkan perbedaan antara Direct dan Indirect System pada Refrigerating plant!
            b.   Sebutkan jenis-jenis alat-alat pengatur Automatis yang terdapat pada unit Refrigerating plant!
            c.   Buatlah gambar skema sebuah Uni Refrigerating plant dengan tiga buah Cold Room! Kemudian terangkan prinsip cara kerja / operasinya!

5.         a.   Terangkan perbedaan antara Fresh water generator dan evaporator!
            b.   Sebutkan jenis-jenis Fresh water generator yang dipakai diatas kapal!
            c.   Buatlah gambar sket sebuah Fresh water generator dan systim vakum lengkap dengan nama-nama bagiannya. Kemudian terangkan prinsip cara kerjanya / operasinya!

( Bobot nilai tiap soal = 20 )






ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.


(30)     1.   Dewasa ini banyak dipakai pompa roda gigi untuk bermacam-macam tujuan.
                        Pompa roda gigi banyak dipakai sebagai pompa minyak pelumas yang digerakkan sendiri oleh motor induk yang dapat berputar dalam dua arah putaran.
                        Buatkan sebaik mungkin sketsa dari pompa tersebut di atas dan jelaskan juga cara kerjanya !
                        Bilamana karena kelalaian katup kempa tertutup, apakah akan terjadi kerusakan dari pompa ?
                        Bagaimana caranya untuk mencegah bilamana hal tersebut terjadi ?

(40)     2.  a.   Apakah yang dimaksud dengan fresh water generator dan bagaimanakah prosedur mengoperasikannya (sertakan dengan gambar sketsa) ?
                  b.   Sebutkan langkah-langkah persiapan sebelum menjalankan Wind Lass dan mesin Derek di atas kapal !

(30)     3.a.      Jelaskan pengertian “kadar garam sebesar 2/32” dan bagaimanakah hingga mendapatkan angka tersebut!
               b.      Bila sekarang sebuah ketel mengandung air sebanyak 40 ton dengan kepekatan garam sebesar 3,5 kali kepekatan air laut dan selanjutnya 8 ton dibuang (blow down) dan digantikan dengan air laut, maka berapakah sekarang kepekatannya air di dalam ketel tersebut?


Selamat bekerja / Dpkp.
ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

(60)     1.   Sebuah pompa sentrifungal mempunyai impeller dengan ukuran-ukuran sebagai berikut :
                  -     Diameter disisi masuk = 280 mm.
                  -     Diameter disisi keluar = 700 mm.
                  -     Lebar impeller disisi masuk = 55 mm.
                  -     Lebar impeller disisi keluar = 25 mm.
                  -     Impeller berputar dengan kecepatan putaran n = 350 rpm.
                  -     Air mengalir masuk impeller dengan kecepatan 3 m/detik dan arahnya radial.
                  -     Besar sudut lengkung sudut disisi keluar 30°.

                  Ditanyakan :

                  a.   Gambarkan segitiga kecepatan disisi masuk dan disisi keluar dari impeller!
                  b.   Berapakah kapasitas pompa bila isi sudut dan kerugian celah diabaikan?
                  c.   Berapakah tinggi kenaikan menometris, bila harga k x h = 0,80 x 0,85?
                  d.   Daya penggerak pompa efektif, bila harga rendemen mekanis 0,92.

(40)     2.   Gambarkan sketsa sederhana dan jelas dari sebuah pompa roda gigi untuk dua arah putaran.
                  Cantumkan nama-nama tiap komponen!
                  Jelaskan cara kerjanya!


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

1.       Sebuah pompa sentrifugal harus menghasilkan air sebesar 180 m³ setiap jam, yang diisap dari sebuah sumur, dimana permukaan airnya terletak 5 meter dibawah garis sumbu pompa dan dinaikkan sampai 20 meter diatas garis sumbu pompa.
Hambatan dalam pipa isap 0,3 m.k.a; didalam pipa kempa 1,3 m.k.a dan didalam katup kaki(katup ujung bawah) 0,8 m.k.a
Rendemen volumetris 0,95, rendemen hidrolis 0,80; rendemen mekanik 0,90; faktor k = 0,75.
Untuk tinggi kenaikan manometris berapakah pompa ini harus dipesan dan berapa tenaga yang diperlukan untuk motor listrik penggeraknya ?

2.       Gambarkan instalasi mesin pendingin, lengkap dengan hubungan pipa-pipa untuk defrosting. Terangkan cara defrosting salah satu Evaporator dari instalasi tersebut, menggunakan gas panas !
Untuk apa dilakukan defrosting bila pipa-pipa evaporator sudah tebal diliputi es ?

(Bobot nilai tiap soal = 50)


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

1.         Sebuah pompa minyak lumas kerja ganda, menghisap dari sump tank yang terletak 2 meter dibawah pompa tersebut dan minyak lumas dipompa ke dalam tangki yang dipasang 10 meter diatas pompa. Tahanan-tahanan pada sisi isap dan tekan adalah 4 meter kolom minyak, langkah torak = 50 cm; diameter torak = 25 cm dan diameter batang torak = 4 cm, putaran engkol = 40 RPM; rendemen volumetrik = 0.95 ; rendemen mekanis = 0.9 ; berat jenis (B.J.) minyak pelumas = 0.92 kg / dm3.
            Ditanyakan : Daya efektif pompa dalam watt

2.         Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pesawat pokok dan bantu pada umumnya mengandung air dan kotoran-kotoran mekanik.
            a.   Sebutkan cara-cara yang anda ketahui memisahkan air dan kotoran-kotoran tersebut.
            b.   Jelaskan fungsi settling tank pada sistem bahan bakar untuk motor Induk dan Bantu di kapal dan bahan bakar tersebut dipanasi sampai berapa derajat  Celcius

3.         Pada sebuah Evaporator / Fresh Water Generator tekanan rendah di kapal yang menggunakan sistem pendingin Motor Induk sebagai pemanas, sesuai manualnya Produksi air tawar mencapai 15 ton / hari, Namun kenyataannya pesawat tersebut hanya mampu memproduksi air tawar 7 ton / hari sedangkan temperatur air tawar pendingin keluar Motor Induk normal ± 70 – 750 C.
            a.   Jelaskan penyebab menurunnya Produksi air tawar tersebut.
            b.   Apakah fungsi ejector pada instalasi tersebut.
             
4.               Berilah sketsa sebuah instalasi mesin pendingin dengan 2 ruang dingin (ruang daging dan ruang sayur).
            Sebutkan bagian-utamanya dan jelaskan cara menambah media pendingin bila yang dipakai adalah R-22.

5.         a.   Di kapal pompa yang dipakai kebanyakan dari jenis pompa sentrifugal, jelaskan keuntungan dan kerugian pompa jenis sentrifugal dibandingkan dengan pompa lain.
            b.   Jelaskan bahwa suhu zat cair dapat mempengaruhi tinggi isap suatu pompa. Penjelasan disertai gambar.

( Bobot nilai tiap soal = 20 )


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

(40)     1.   Instalasi mesin pendingin menggunakan R12 terdiri dari sebuah kompressor, satu buah kondensator, individual expansion valve dan 3 buah evaporator diketahui data sebagai berikut :
-     Kapasitor evaporator I = 15 ton dengan suhu -20º C.
-     Kapasitor evaporator II = 10 ton dengan suhu -10º C.
-     Kapasitor evaporator III = 7 ton dengan suhu +10º C.
Suhu kondensator = +45º C, suhu delta diambil = 20º K, rendemen mekanis = 87% dan rendemen volumetric = 88%.
Tentukan :
a.   Massa bahan pendingin mengalir
b.   Volume jenis awal kompresi
c.   Piston displacement dan hulu akhir kompresi
d.   Daya kompresor dan daya penggerak kompresor

(30)     2.   Sebuah pompa diferensial, mempunyai D = 120 mm, d = 90 mm Rpm = 90, % = 0,95, S = 280 mm
                  Ditanya :
                  a.   Berapa m³ / jam penghasilan efektif saat langkah isap?
                  b.   Berapa m³ / jam penghasilan efektif saat tidak isap?
                  c.   Berapa besarnya diameter batang pluyer agar hasil saat isap dan tekan sama?

(30)     3.   a.   Jelaskan faktor-faktor penyebab turunnya rendemen ketel dan bagaimana cara mengatasinya!
                  b.   Mengapa seluruh uap yang diproduksi ketel ESD harus dimasukkan kedalam OVO, meskipun kapal memerlukan sebagian uap yang bersuhu rendah, jelaskan!


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.

1.         Sebuah pompa minyak lumas kerja ganda, menghisap dari sump tank yang terletak 2 meter dibawah pompa tersebut dan minyak lumas dipompa ke dalam tangki yang dipasang 10 meter diatas pompa. Tahanan-tahanan pada sisi isap dan tekan adalah 4 meter kolom minyak, langkah torak = 50 cm; diameter torak = 25 cm dan diameter batang torak = 4 cm, putaran engkol = 40 RPM; rendemen volumetrik = 0.95 ; rendemen mekanis = 0.9 ; berat jenis (B.J.) minyak pelumas = 0.92 kg / dm3.
            Ditanyakan : Daya efektif pompa dalam watt

2.         Kapal yang menggunakan bahan bakar minyak untuk menggerakkan pesawat pokok dan bantu pada umumnya mengandung air dan kotoran-kotoran mekanik.
            a.   Sebutkan cara-cara yang anda ketahui memisahkan air dan kotoran-kotoran tersebut.
            b.   Jelaskan fungsi settling tank pada sistem bahan bakar untuk motor Induk dan Bantu di kapal dan bahan bakar tersebut dipanasi sampai berapa derajat  Celcius

3.         Pada sebuah Evaporator / Fresh Water Generator tekanan rendah di kapal yang menggunakan sistem pendingin Motor Induk sebagai pemanas, sesuai manualnya Produksi air tawar mencapai 15 ton / hari, Namun kenyataannya pesawat tersebut hanya mampu memproduksi air tawar 7 ton / hari sedangkan temperatur air tawar pendingin keluar Motor Induk normal ± 70 – 750 C.
            a.   Jelaskan penyebab menurunnya Produksi air tawar tersebut.
            b.   Apakah fungsi ejector pada instalasi tersebut.
             
4.               Berilah sketsa sebuah instalasi mesin pendingin dengan 2 ruang dingin (ruang daging dan ruang sayur).
            Sebutkan bagian-utamanya dan jelaskan cara menambah media pendingin bila yang dipakai adalah R-22.

5.         a.   Di kapal pompa yang dipakai kebanyakan dari jenis pompa sentrifugal, jelaskan keuntungan dan kerugian pompa jenis sentrifugal dibandingkan dengan pompa lain.
            b.   Jelaskan bahwa suhu zat cair dapat mempengaruhi tinggi isap suatu pompa. Penjelasan disertai gambar.

( Bobot nilai tiap soal = 20 )


ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  90 menit.


1.     
( 40 )
 
Sebuah pompa sentripugal diketahui putaran kipas 15 put./detik, sudut 300, lebar celah kipas pada sisi keluar b2 = 20 mm, c2u = 0,6 U2u = (  U2u = kecepatan keliling pada sisi keluar kipas) H manometris = 16 mak.
Factor k kali rendemen hidrolik = 75 % (k. h = 75 % ) dan rendemen volumetric 95%
Ditanyakan :
a.    Kecepatan keliling pada sisi keluar kipas
b.    Penghasilan pompa dalam ton/jam ?
c.    Berapa putaran dan H manometris, apabila penghasilan pompa turun 20 % ?


2.   
(30 )
 
a.   Buatkan sketsa sederhana tetapi jelas, lengkap dengan nama – nama tiap komponen dari sebuah Evaporator (fresh water generator) yang bekerja dengan vacuum 93 % dan sumber panasnya diambil dari air pendingin motor induk .
b.    untuk apa maksud vacuum ini, harap diberi penjelasan
c.    Jelaskan cara kerja dari Evaporator tersebut ?
d.    Bagaimana caranya agar pembentukan batu ketel dapat dikurangi dalam Epavorator tersebut.

3.     
( 30 )
 
Buatkan sketsa sederhana dan jelas dari sebuah pompa coba gigi untuk dua arah putaran..  
Jelaskan cara kerjanya ?











ATT  -  III
Operational level
Permesinan banto
Waktu  :  90 menit.



1.    Sebuah pompa sentripugal mempunyai impeller dengan ukuran – ukuran sebagai berikut :
Diameter masuk = 280 mm. Lebar impeller disisi keluar = 700 mm. Lebar impeller disisi masuk = 55 mm. Lebar mpeller disisi keluar = 25 mm. Impeller berputar dengan kecepatan putaran n = 350 rpm. Air mengalir masuk impeller dengan kecepatan = 3 m/detik dan arahnya radial.
Ditanyakan :
a.    Gambarkan segitiga kecepatan disisi masuk dan disisi keluar dari impeller.
b.    Berapakah kapasitas pompa bila isi sudu – sudu dan kerugian celah diabaikan
c.    Berapa tinggi kenaikan manometris, bila harga k x h = 0,80 x 0,85.
d.    Daya penggerak pompa efektif, bila harga rendemen mekanis 0,92.


2.    Buatkan sketsa yang jelas dari sebuah kompresor udara dua tingkat diatas kapal, cantumkan nama – nam tiap komponen dan jelaskan cara kerjanya.



















ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit




25)
1.
a.
Dengan cara bagaimana kita dapat meniadakan gaya aksial pada sebuah pompa sentripugal dengan pemasukan tunggal ? Jelaskan dengan sketsa


b.
Tentukan Arah dan Besarnya gaya aksial jika :
Diamater luar dari kipas = 0,4 meter
Diameter dari cincin penutup (month ring)
Pada sisi uap saja = 0,2 meter
Diameter dari poros = 0,04 meter
Tekanan atmosfir 10 mka
Tekanan kempa sesudah kipas 25 m.ka diukur dengan sebuah manometer kempa. Manometer uap menunjukan 6 m.ka




(50)
2.
Jelaskan Fungsi dan dimana Pemasangan nya dari peralatan mesin pendingin (refrigerating machine) yang disebut dibawah ini :


a.
Thermostatic ekspaneion valeve


b.
Solenoid valve


c.
Thermotat


d.
Perustat


e.
Perustat diferensial


f.
Oil separator















































ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit





(20)
1.
Jelaskan perbedaan system hydrolic steering gear dan system electric steering gear






(20)
2.
Pada mesin pedingin terdapat 2 sistem yang digunakan yaitu system tidak langsung (sirkulasi) dan system langsung (brine).
Uraikan mesin pendingin udara (AC) dan prinsip kerja serta perawatannya






(20)
3.
Gambarkan sebuah bejana udara yang dilengkapi dengan nama bagian – bagiannya dan tunjukan distribusi udara tersebut ke mesin induk dan mesin bantu.






(20)
4.
Apakah yang disebut “INCINERATOR”, Jelaskan dan gambarkan






(20)
5.
Jelaskan prinsip kerja ,cara pengoperasian dan oil separator




































































ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit


1.      a.      Sebutkanlah jenis alat-alat pengatur Automatis yang dipasang pada “Marine Refregeration Plant” dan jelaskan kegunaannya masing-masing.
        
         b.      Buatlah skema/gambar sket sebuah “Solenoid Value” lengkap dengan bagian-bagian pokoknya, kemudian terangkan prinsip cara kerjanya.
        

2.      a.      Sebutkan jenis-jenis Heat Exchangers yang banyak dipakai dikapal Niaga dan jelaskan pula kegunaannya masing-masing.

b.        Buatlah gambar sket sebuah “Marine Surface Condenser” lengkap dengan bagian-bagian pokoknya dan Kemudian jelaskan teknik perawatannya.


3.      Buatlah skema suatu ““Marine Refregeration Plant” yang terdiri dari tiga Cold Room. Kemudian terangkan cara/teknik pengoperasiannya/starting dan stopping.
        

4.      Buatlah skema suatu “Marine Fresh Water Generator” lengkap dengan bagian-bagian pokoknya. Kemudian terangkan dengan jelas carak pengoperasiannya.





ATT  - III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  : 90 menit


1.      Buatlah gambar schema pemasangan sebuah Sea Water Circulating Pump (Condensor connectious) di kamar mesin kapal. Terangkan cara pengoperasiannya sewaktu kapal berada di pelabuhan, dilaut lepas dan swaktu kamar mesin kebanjiran.


2.      a.      Sebutkanlah jenis-jenis mesin dek yang anda ketahui dan fungsinya masing-masing.
        
         b.      Buatlah gambar sket sebuah Windlass yang ada ketahui.  Terangkan prinsip cara kerja dan perawatannya.
        

3.      a.      Sebutkan jenis-jenis steering gear, yang anda ketahui serta keuntungan dan kerugiannya masing-masing.

b.        Buatlah gambar sket sebuah “Electric Stearing Gear” hubungan Word Leonard.  Kemudian teangkan cara kerja dan pengetesannya.


4.      a.      Terangkan perbedaan sistim pendingin yang memakai Brine dan tanpa Brine.
         b.      Buatlah skema suatu instalasi pendingin dengan refregerant amoniak yang mempunyai dua cold room, kemudian terangkan prinsip cara kerjanya dan pengoperasiannya.













1.    Sebuah pompa diferensial, mempunyai D = 120 mm, d = 90 mm                     Rpm  =  90,              =  0,95.     S   =   280 mm

        Ditanya  :
a.    Berapa m³ / jam penghasilan efektif saat langkah isap
b.      Berapa m³ / jam penghasilan efektif saat  tidak isap
c.      Berapa besarnya diameter batang plunyer agar hasil saat isap dan tekan sama.

2.    Mesin Pendingin di kapal
a.    Gambarkan mesin pendingin dengan menggunakan Referigerant Freon 12, 3 buah Evaporator.
b.    Jelaskan prinsip kerjanya
c.    Mengapa bisa terjadi Frosting dan cara mengatasinya.























ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  120 menit

1.   Jelaskan cara kerja Mesin Pendingin Kompresi dan gambarkan berikut penjelasan fungs‑fungsi dari tiap komponen mesin pendingin tersebut!
      (bobot 25)

2.   Gambar dan jelaskan cara bekeria Pompa Torak Kerja Ganda! Sebutkan nama­          nama tiap bagian dan jelaskan aliran cairan dengan anak panah!
      (bobot 25)

3.   Gambar dan jelaskan cara bekerja Mesin Kemudi Hydraulic Listrik! Dan sebutkan     narna‑nama dari tiap bagian!
      (bobot 25)

4.   Gambar dan jelaskan cara bekerja Mesin Jangkar Listrik dan sebutkan nama­-            nama tiap bagian!
      (bobot 25)


Selamat bekerja / Dpkp.

















ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  120 menit


1.   Suatu system pengaturan udara ( Air Conditioning ) yang lengkap harus melaksanakan fungsi‑fungsi apa saja (ada 7 fungsi)? Sebutkan!

2.   Gambarkan evaporator (penguap) yang dipakai untuk merubah air laut menjadi air tawar dengan cara pemanasan, sebutkan nama‑nama tiap bagian! Dan jelaskan cara bekerjanya!

3.   Gambarkan sebuah pompa pengisi air ketel system Wier! Sebutkan nama tiap­tiap bagian dan jelaskan cara bekerjanya dan berilah keterangan arah aliran cairan dengan anak panah!

4.   Gambarkan dan sebutkan nama tiap‑tiap bagian dari mesin kemudi listrik yang bekerja atas dasar Jembatan Wheatstone atau system Ward Leonard dan jelaskan cara kerjanya!

5.   Sebutkan jenis‑jenis mesin jangkar yang biasa dipakai diatas kapal dan uraikan prinsip kerjanya!


Bobot nilai tiap soal 20

Selamat bekerja / Dpkp.












ATT  -  III
Operational level
Permesinan bantu
Waktu  :  120 menit

1.  Oil water separator ( OWS ) adalah suatu pesawat yang harus ada dikamar mesin untuk memisahkan minyak yang bercampur air bilga.Sehinggakandungan minyak mencapai 15 PPM .
Pertanyaan:
a.   Buatkan instalasi pembuangan air got melalui OWS dari kamar mesin, bagian depan kiri /kanan dan jelaskan cara mengoperasikan pesawat OWS tersebut diatas.
b.   Dimana minyak bekas ( sludge ) dapat disimpan dan bagaimana cara pembuangan bila kapal berada dipelabuhan. Jelaskan dalam instalasi tersebut.
c.   Bila berada dilaut alat apa yang dapat dipakai untuk membakar minyak bekas tersebut , tidak perlu digambar
( Bobot 30)

2.  Sebutkan dan jelaskan fungsi permesinan bantu yang berada diatas dek paling sedikat 3 buah
     ( Bobot 20 )

3.  Pompa sentrifugal dengan pemasukan 2 sisi , kapasitas pompa 200 m3/jam. Tinggi isap 2 m, Tinggi tekan 5 m, jumlah hambatan 1 m. Putaran as penggerak 120 Rpm. Rendemen jumlah 78 %, rendemen volumetric 99 %, rendemen hydraulik 65 %. Kecepatan air masuk C1 = 2 m/dt. h1 = 1,5 h2 ( h1 = lebar sudu sisi masuk dan  h2 lebar sudu sisi keluar) D2 = 190 Cm.
a2 = 130 dan b2 = 300.
Petanyaan:
a.    Daya penggerak motor Pe dalam Kw
b.    Hitung D1 h1, dan h2.
c.    Lukis segitiga kecepatan sisi masuk‑ dan keluar

( Bobot 30)

4.   Gambar dan jelaskan cara kerja pompa roda gigi yang dapat dipakai untuk 2 arah putaran maju dan umdur
       ( Bobot 20 )
Selamat bekerja / Dpkp.

ATT  - III
Operational level
Permesinan Bantu
Waktu :  90 menit
1.         Jelaskan :
a.   Cara pengisian bahan pendingin Freon 12 pada suatu instalasi pendingin yang baru selesai perbaikan, dimana sistem masih dalam keadaan kosong dan perlu diperiksa untuk meyakinkan tidak ada kebocoran, dan tidak tersedia pompa vacum.
b.   Gangguan apa yang mungkin terjadi jika penunjukkan tekanan kondensor suatu instalasi pendingin naik turun dan high pressure safety device sering bekerja      sehingga kompressor sering mati hidup.
c.    Apa yang dimaksud dengan cooling & dehumidification pada proses kerja suatu Air Conditioning (AC).
            Bobot nilai  : 30
         
2.                  Sebuah ruangan pendingin membutuhkan kapasitas pendinginan sebesar 12 ton pada suhu –100C. Instalasi pendingin menggunakan Freon 12 dan kompressornya terdiri dari 2 silinder kerja tunggal,  dimana L/D = 1,5 dan putaran 900 rpm.  Pada waktu kerja  normal, tekanan pada kondensor 9,6 bar dan freon 12, keluar kondensor dalam keadaan cair jenuh, sedangkan pada waktu keluar evaporator dalam keadaan uap jenuh.  Clerence factor ©  = 2%, dan Icentropic index ( ) = 1,14.  Dari data tersebut diatas,  hitunglah :
a.   Efek pendinginan dalam kJ/kg.
b.   Massa freon 12 yang beredar dalam kg/menit.
c.    Coefisient of performance (COP)
d.   Ukuran langkah (L) dan diameter (D) kompressor.
          Bobot nilai  : 40

3.                  Sebuah pompa sentrifugal dengan isapan tunggal dan bekerja sebagai pompa radial, mempunyai 1  impeller dengan diameter dalam 150 mm dan diameter luar 450 mm. Putaran pompa 600 rpm. Lebar suhu masuk 120 mm, sudut relatif masuk impeller (β1) 300. Sudut relatif keluar impeller (β2) 450.  Factor k = 0,70; Randemen hidrolis (h ) = 0,85 ; Randemen volumentris (v ) = 0,75 dan Randemen mekanis (m ) = 0,90.
a.   Gambarkan segitiga kecepatan pada sisi masuk dan sisi keluar
b.   Tentukan tinggi angkat manometris dari pompa
c.    Kapasitas pompa dalam M3/jam
d.   Tenaga penggerak pompa.
          Bobot nilai  : 40
Selamat bekerja / Dpkp.
ATT  - III
Operational level
Permesinan Bantu
Waktu :  90 menit
1.       Teori :
a.  Jelaskan fungsi dan lokasi pemasangan Back Pressure Valve pada instalasipendingin yang menggunakan 1 kompressor dan 3 evaporator dengan suhu ruangan pendingin yang berbeda-beda.
b.  Jelaskan gangguan apa yang mungkin terjadi pada instalasi pendingin, jika pada katup isap kompressor banyak terdapat bunga es.
c.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan Air Conditioning dan proses apa saja yang terjadi untuk mengatur kondisi udara didalam ruangan.
          Bobot nilai : 20.

2.       Sebuah instalasi pendingin yang menggunakn Freon 12 sebagai bahan pendingin, terdiri dari 1 kompressor, 1 kondensor dan 3 evaporator yang masing-masing dilengkapi dengan expansion valve sendiri, dimana pada keadaan normal suhu ruangan pendingin 100 C, 50 C dan –100 C. Bahan pendingin keluar kondensor dalam keadaan cair jenuh dengan tekanan 9,6 bar, dan dari masing-masing evaporator dalam keadaan uap jenuh.
a.  Gambarkan proses yang terjadi pada instalasi pendingin tesebut dalam diagram p-h.
b.  Tentukan efek pendinginan pada setiap evapoator.
        Bobot nilai  : 40

3.       Sebuah pompa sentrifugal jenis radial terdiri dari 1 buah impeller isapan tunggal, beekrja dengan putaran 600 rpm. Diameter sisi isap impeller 120 mm dengan lebar sudut 90 mm dan diameter sisi keluar impeller 360 mm. Sudut masuk impeller (β1) 400 dan keluar impeller  (β2) 450. Faktor penyusutan (k) 0.80,  randemen hidrolis  (ŋh) 0,85,  dan randemen volumetris (ŋv) 0,87.
a.  Gambarkan segitiga kecepatan aliran pada sisi masuk dan sisi keluar impeller.
b.  Tentukan tinggi angkat manometris (efektif) dari pompa.
c.  Tentukan kapasitas efektif dari pompa tiap jam.
        Bobot nilai  : 40

Selamat ekerja / Dpkp.
ATT  - III
Operational level
Permesinan Bantu
Waktu :  90 menit

1.         TEORI
a.    Jelaskan pengertian dari pendinginan tidak langsung.
b.    Jelaskan pembuatan brine sebagai bahan penjingin sekunder.
c.    Jelaskan pengertian dari Air Conditioning System.
d.   Jelaskan dengan gambar bagian utama dari instalasi Air Conditioning.
e.    Jelaskan pengertian dari proses cooling & dehumidification.
            Bobot nilai  : 30

2.         SOAL
Sebuah instalasi pendingin yang menggunakan Freon 12 sebagai bahan pendingin, terdiri dari I bh Reciprocating compressor, I bh kondensor yang didinginkan dengan air laut, dan 2 bh Evaporator Multiple Expansion Valve serta Back Pressure Valve.Kapasitas ruangan pendingin masing-masing 10 ton dengan suhu 100C, 20 ton dengan subu - 100C. Proses yang tejadi adalah jenuh sederhana (Simple Saturated Process), dimana tekanan pada kondensor 9,6 bar. Tentukanlah :
a.    Efek pendinginan pada setiap evaporator.
b.    Masa bahan pendingin yang beredar pada setiap evaporator dan total bahan pendingin yang beredar tiap menit.
c.    Coefficient of Perfon-nance (COP) dari instalasi pendingin.
Bobot nilai  : 40

3.                  Sebuah pompa sentrifugal dengan isapan tunggal dan bekerja sebagai pompa radial, mempunyai 1  impeller dengan diameter dalam 150 mm dan diameter luar 450 mm. Putaran pompa 600 rpm. Lebar suhu masuk 120 mm, sudut relatif masuk impeller (β1) 300. Sudut relatif keluar impeller (β2) 450.  Factor k = 0,70; Randemen hidrolis (h ) = 0,85 ; Randemen volumentris (v ) = 0,75 dan Randemen mekanis (m ) = 0,90.
a.    Gambarkan segitiga kecepatan pada sisi masuk dan sisi keluar
b.    Tentukan tinggi angkat manometris dari pompa
c.    Kapasitas pompa dalam M3/jam
d.    Tenaga penggerak pompa.
            Bobot nilai  : 40


(Bobot nilai tiap soal 50)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar