MPU
1.Sebuah
motor diesel 4 tak 6 silinder yang dapat dibalik langsung di lengkapi turbocharger pada putaran maju
urutan pembakarannya 1-5-3-6-2-4, system tekanan rata (Constant pressure) Gambarkan Diagram engkolnya pada saat
engkolnya pada saat silinder 3 di TMA
dan bagaimana urutan pembakarannya pada saat putaran mundur.
Jawab
3-6-2-4-1-5
3-5-1-4-2-6
2. dik.
Sebuah motor diesel dgn data sbb. n =
1,8 rps → v kapal = 10 ms-1=
10m/s
Pe = 13 eMW= 13000 ekw
Kerugian
kopling = 2%
Ss .propeller = 5%
Diameter block pendorong type michel = 1,1 m
Diameter poros pendorong = 0.6m
Gaya dorong yg diterima block pendorong = 60%
Koefisien gesek = 0,0025
ηprop = 75%
be = 5,7 grm eMW -1 S-1
NO = 41,85 MJ kg-1= 41850 kj/kg -1=
41850 Kj/ kg
Ditanya :
a. pitch propeller (H)
b. Ttkanan dorong rata2 pada blok
pendorong
c. Kerugian gesek (%)
d. η tot
jwb.
a.)Ss
= C-V
ns=(100%-2%)x1,8=1,76 rps
C
0,05=(nsxH)-V=(1,76xH)-10 =5,98 m
(nsxH) (1,76xH)
b). .A eff = π/4 (D-d)= 0,785(1,1-0,6)
= 0,67
m
Ps =
(100%-2%)xPe = 98%x13000
= 12740
ekW
Pp = Ps - ∫.Ps = 12740 – ( 0,0025 . 12740 )
= 12708,15ekW
η prop = Pt / Pp = 75%
Pt = 75% . Pp = 75% .12708,15 = 9531 ekW
Ft = Pt / v = 9531/ 10 = 953,1 kN
Jadi : Tek. Dorong rata2 = Ft = pt . A
pt = Ff
/ A = 953,1 =
2370 kN /m2
60% . 0,67
c). Kerugian gesek = ∫. Ps = 0,0025. 12740
Pe 13000
=
0,245%
d). η tot = 1kWh = 3600
= 15 %
be. NO 0,57. 41850
3. Sebuah
motor induk pada putaran MRC tekanan efektip rata ratanya 15 Bar pada rendemen
mekanis 85% . Bila dayanya diturunkan
sampai 80% dari MCR, Berapakah penurunan rendemen mekanisnya
Jawab ;
MRC 100 %
hm = Pe =0,85
Pi
Pi = Pc = 15
= 17,647 bar
0.85
0,85
MCR 80 80 %
Pe = 0.8 X 15 = 12 bar
Pi = 0.8 X
17,647 = 14,1176 bar .
hm = Pe
= 12 = 0,85 ´ 100 = 85 %
Pi 14.1176
5.a.Dalam sistem aliran tetap (steady-flow), suatu zat mengalir dengan
jumlah 4 kg/detik, memasuki sistem dengan tekanan 620 KN/m2,
kecepatan 300 m /s, perubahan energi
dalam 2100 kJ.kg dan volume jenis 0,37 m3/kg. Keluar dari sistem
tekanannya 130 kN/m2, kecepatan 150 m/s, energi dalam 1500 kJ/kg dan
volume jenis 1,2 m3/kg. Selama mengalir melalui sistem zat tersebut
kehilangan panas 45 kJ/kg yang berpindah ke sekelilingnya. Hitunglah tenaga
sistem dalam kilowatt, sebutkan apakah tenaganya dihasilkan atau diberikan ke
sistem. Abaikan semua kehilangan energi potensial.
Dengan mengabaikan energi potensial, persamaan aliran tetap per kg massa
zat tersebut,
U1 + p1v1
+C12/2 – Q = U2 + p2v2 +C22/2
+ WQ
Q ditulis negatif
karena panasnya hilang (keluar) ke sekelilingnya (45 kJ/kg), maka,
W = (u2 – u1)
+ (p1v1 – p2v2) + (C12-
C22) – Q
2
=(2100 – 1500) + (620 x 0,37–130 x 1,2) +
(3002 – 1502) - 45
2
= 600 + (229,4-156) + (90,000 –
22,500) – 45
2
= 600 + 73,4 + 67500 - 45
2
= 600 + 73,4 + 33750 - 45
= 34378,4 kJ/kg
karena massa zat 4 kg / s, maka output tenaga yang dihasilkan (hasilnya
positif)
= 34378,4 x 4 = 137513,6
kJ/s =
137513,6 KW
4b.Uap memasuki turbin dengan kecepatan
17 m /s dan entalpi jenis 2980 kJ/kg.
Uap meninggalkan turbin dengan kecepatan 36 m/s dengan entalpi jenis 2520
kJ/kg, dan panas yang hilang ke sekelilingnya 32 kJ/kg. Jumlah uap yang
mengalir adalah 320.000 kg/jam. Hitunglah output usaha yang dihasilkan turbin
dalam kilowatt.
Dari persamaan 2 diatas, dimana energi
potensial diabaikan, persamaan menjadi:
h1 + ½ C12 + Q = h2
+ ½ C22 + W
Jadi W= (h1 – h2 ) + (C12 -
C22)
- Q
2
= (2980 – 2520) + (172 – 362)
– 32
2
= 460 + (289 – 1296) – 32
2 x 103
= 460 +
(- 1007) - 32
2000
= 427,496 kJ/kg
Jumlah uap = 320000 / 3600 = 88,88 kg/s, jadi:
W = 427,496 x 88,88
= 37999,64 kJ/s
= 37999,64 KW = 37,99
MW
MPU
7. Jelaskan
prinsip menetapkan kecepatan
kpl yg economis (economical speed)
a) Berikan
gambaran dgn Grafik
b) Berikan
contoh dgn menggunakan
Rumus
JAWAB :
a)
9. Turbin
uap penggerak kpl berdaya 9300
kW pd rendemen mekanisnya
75%,kerugian rankaian poros dan roda gigi
reduksi 6%.Bila kerugian krn gesekan
badan kpl
dan kavitasi propeller 30%, berapakah daya effektif propellernya?
PENYELESAIAN
DIK : P =
9300kW
ηm=75%
Rugi gigi reduksi & rangkaian prs=6%
Rugi gesekan & kavitasi propeller =30%
DIT : Daya
dorong Effektif Propeller (Pep)
JAWAB:
|
Pe =9300 x
ηm = 9300 x 0,75 = 6975 ekW
Pe pd poros
= 6975 x (100%-6%)
= 6975 x (94%) = 6556,5 kW
●Daya dorong
efektif propeller
=6556,5 x ( 100%- 30%)
= 6556,5x(70%) = 4589,55kW
10. Dari
sebuah kpl diketahui :
Gaya dorong propeller (F) = 180N
Momen putar propeller (MP)= 10 Nm
Kecepatan kpl (V)= 6 knot
Putaran mesin induk (n) = 720 Rpm
DIT: Berapa daya propeller dan daya
Dorongnya
JAWAB:
● Daya
Propeller (Pp) = MP x 2π x n
60
= 10 x 2.3,14 x 720 = 753,6 W
60
● Daya
dorong ( Pd) = F x V x 1852
3600
= 180 x 6 x 1852 = 555,6 W
3600
1.
sebuah
motor diesel 6 silinder 4 tak langkah/diameter =200mm dan 120mm, pi=1,45 MN/M²
ήmec=83% kalau putaran max 15 perdetik dimana hitunglah:
a.
tenaga
poros motor (EKW).
b.
Out
put torsi.
Jawab: D=120mm→0,12m
S=200mm →0,2m
Z=6
n=15rps.
ήm=83%
рe=1,45MN/m²→1450000 N/m²→1450000
100000 =
145kg/cm→14,5.0,968=14,036bar.
Dit: pe(EKW)
Pe= 0,785.0².S.n.Z.pe.50
=
0,785.(0,12².15.6.14,036.50)
= 0,785.0,0144.0,2.15.6.14,036.50)
pe= 142,79.
2.
ketel
uap memproduksi aup 30.10³ kg uap/jam. Dengan tekanan 40 bar serta temperature
uap 400ºC.10% uap ini dicerat untuk melalui desuperheater yang terdapat didalam
drum uap dibagian air. Uap meninggalkan ketel dari desuperheater system kondisi
kering jumlah tekanan 40 bar. ή ketel 40% nilai opak 44 Mj/kg BB.Temperatur
pengisian ketel 100˚C dimana menghitung jumlah bb ketel itu?
3.
Tuliskan
penjelasan saya apa yang dimaksud dengan derajat pengisian 50% pada suatu
turbin reaksi. Jawab: adalah separuh dari jumlah
kerja yang dilaksanakan oleh sejumlah tertentu uap, yang mana jatuh panas =
jumlah panas yang diubah menjadi kerja sewaktu uap memuai sehingga kerja aksi =
kerja reaksi.
1.
Sebua
kapal digerakkan motor diesel 4 tak 6 selinder dengan daya efektif 1600 HP pada
RPM 240 dan tekanan rata-rata 7 bar rendamen mekanis 92 %, be = 0,22 gram/ekw
jam
Pertanyaan :
a.
Berapa
panjang langka torak (S = …………..M)
b.
Daya
indicatoe (Pi =………………Ikw)
c.
Berapa
besar torsi pada motor (T = ………..Kn M)
d.
Pemakaian
bahan bakar tiap jam (B = …………..Kg/Jam)
e.
Berapa
kehilangan daya akibat gesekan (P rugi =………………%)
f.
Hitunglah
volume selinder motor tersebut (VS =……………)
g.
Jika volume kompresi 8% berapa
perbandingan kompresi (Cr………….)
h.
Berapa kecepatan rata-rata (Cp =……………….m/detik)
i.
Berapa besar rendamen thermis (thermis = …………………%)
j.
Jika kebutuhan udara 12,5Kg/Kj fu
1,6 Kg/bb berapa kebutuhan udara praktis (G udara praktis=…….Kg udara/Kg bahan
bakar)
k.
Mengapa diperlukan udara yang banyak
pada motor diesel
Jawab
Diketahui
Pe = 1600 Kw
D
= 320 mm =
0,32 M
Z =
7 selinder
Pe =
7 bar =
700 Kn/
Be =
0,22 Gram/Ikw
Np
= 40500 Kj/Kg
M = 92
%
Vc
= 8
%
Ditanyakan ……………
a.
S = ………………………... M
b.
Pi =…………………….…… Ikw
c.
T = ………………………... Kn M
d.
B
= ……………………….... Kg/Jam
e.
P
rugi =…………………..……… %
f.
VS
=……………………..……
g.
Cr =……………………….…. ?
h.
Cp
=…………………….……. m/detik
i.
thermis = ………….……………… %
j.
G udara praktis =…………………………... Kg udara/Kg bahan bakar
k.
Mengapa diperlukan udara yang banyak
pada motor diesel ?
Penyelesaian
a.
= 2,369 m
b.
c.
d.
e.
f.
g.
h.
i.
j.
k.
Karena sebagai pendinginan
Karena sebagai pembilasan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar