PERAWATAN & PERBAIKAN MESIN
1.
Pada saat kapal sedang berlayar, tiba-tiba
mesin induk berhenti dan alarm berbunyi. Pada switch board terlihah LO M/E Low
pressure. Apa yang terjadi dan terangkan tindakan dan langkah apa saja yang
anda lakukan ?
Jawab
:
Tindakan yang harus dilakukan adalah :
-
Turunkan handleRPM mesin induk
-
Periksa saringan L.O, saringan
sebelum L.O pump dan saringan setelah L.O cooler sebelum masuk ke M/E (fine
strainer)
-
Periksa (sounding) level L.O
sump tank.
-
Sebelum memasukkan alat sounding
terlebih dahulu beri water control paste pada bandulannya, gunanya untuk
mendeteksi apakah ada air di dasar sump tank
-
Periksa instalasi system dan
minyak lumas.
-
Periksa pompa-pompa L.O jangan
sampai ada kerusakan atau penyumbatan pada katup-katup.
-
Bila terjadi kerusakan langsung
mengadakan perbaikan.
-
Penambahan minyak lumas pada
L.O tank jika berkurang.
-
Jika semuanya telah selesai
lakukan pengetesan pada instalasi minyak lumas.
2.
Jelaskan langkah-langkah apa saja yang anda
lakukan ketika akan melaksanakan overhauled mulai dari persiapan sehingga
pengetesan !
Jawab :
Langkah-langkah yang dilakukan ketika akan melaksanakan overhould mulai
dari persiapan sampai pengetesan adalah ;
1.
Lakukan perencanaan kerja yang
baik dalam mengadakan over hould
2.
tentukan waktu pelaksanaan dan
beri informasi kepada seluruh pekerja tentang rencana over houl.
3.
periksa suku cadang, bila tidak
cukup disorder dan jika sudah dating baru dilaksanakan overhaul
4.
mengetahui dengan baik keadaan
mesin yang akan diover houl.
5.
persiapkan alat-alat (tools)
yang akan digunakan.
6.
lakukan pembengkaran dengan
hati-hati sesuai dengan petunjuk dari manual book.
7.
bersihkan semua bagian2 yg
dibongkar
8.
ganti bagian-bagian yang rusak
atau sudah perlu diganti.
9.
setelah semua selesai pasang
kembali bagian-bagian mesinyang telah dibongkar.
10.
periksa seluruh bagian api
masih ada yang belum terpasang.
11.
pastikan tidak ada benda-benda
atau kunci-kunci yang tertinggal pada bagian-bagian dalam mesin.
12.
setelah seluruhnya sudah
selesai adakah pengesahan kondisi secara saksama untuk memastikan keamanan
terjamin.
13.
adakan pengetesan mesin sesuai
dengan prosedur dan petunjuk.
3.
Ketika kapal berada dipelabuhan dan
melakukan aktivitas bongkar muat, tiba-tiba terlihat lelehan minyak pada pipa
crane. Jelaskan tindakan apa saja yang akan anda lakukan !
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan pada saat terlihat lelehan minyak pada
pipa crane saat melakukan aktivitas bongkar muat dipelabuhan adalah ;
-
Pertama-tama matikan mesin
tersebut setelah mesin terbebas dari beban kerjanya .
-
Pastikan mesin tersebut aman
untuk dilakukan pengecekan/prebaikan.
-
Periksa apa penyebab terjadinya
lelehan minyak pada pipa crane tersebut.
-
Persiapkan alat/bahan kerja
untuk perbaikan.
-
Jika ada kebocoran / kerusakan
lakukan perbaikan.
4.
Instalasi mesin pendingin makanan di kapal
sangatlah perlu penanganan atau perawatan rutin agar bahan makanan terjaga
keawetannya.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap instalasi pendingin
!
Jawab :
Perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap istalasi mesin pendingin adalah :
-
Ball bering dari motor
kompressor harus dilumasi.
-
V-Belt diperiksa tegangannya
-
Evaporator didepros bila banyak
bunga es
-
Condensor harus sering
dibersihkan
-
Periksa minyak lumas dalam
carter bila kurang ditambahkan.
-
Bersihkan filter di solenoid
valve
-
Mengganti silica gell di dryer
bila tiba saatnya
-
Bila ada udara didalam system
harus dicerat
-
Pada waktu istalasi beroperasi
suhu dan tekanan harus diperiksa/diperhatikan
-
Nipple-niple diberi grease
-
Kran-kran penutupnya diberi
grease
-
Saringan-saringan klep expansi
dan pengatur tekanan agar dijaga kebersihannya
-
Menstart motor jangan selalu
pada swict pengontrol
-
Memeriksa instalasi listriknya
-
Saat menjalankan dan
menghentikan mesin harus sesuai dengan prosedurnya.
5.
Pada
kapal dengan penggerak utama motor diesel, katup gas buang peranannya sangatlah
penting agar kapal dapat berjalan dengan lancar.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap katup gas buang.
Jawab :
Perawatan yang dilakukan terhadap katup gas buang adalah :
-
Pemeriksaan kerak karbon,
keadaan muka katup dan perubahan warna.
-
Periksa perubahan warna dan
bentuk batang katup, kehausan dan kondisi pelumasan.
-
Periksa kelonggaran dan keausan
bagi pemegang katup (guide bush)
-
Periksa pegas katup terhadap
kemungkinan patah, aus, korosi dan kekuatannya.
-
Ukur diameter batang katup.
-
lapping/skir katup pada
dudukannya pada jam kerja yang telah ditentukan.
-
Penggantian katup jika muka
katup sudah rusak.
-
Secara berkala adakan
penyetelan (pengukuran) dengan memakai feeler (valve clearance)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar